Powered By Blogger

Senin, 24 September 2012

UGB tugas akhir Perencanaan Instalansi Pengolahan Air Limbah ( IPAL ) Dan Re-Use Air di Lingkungan Perhotelan



I.1 Latar Belakang
Bandung merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai keindahan alam yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.Dengan adanya peningkatan  jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung, secara tidak langsung kebutuhan akan fasilitas penginapan pun ikut meningkat. Hal tersebut menyebabkan  banyaknya pembangunan hotel dan sarana penginapan lain guna memenuhi kebutuhan para wisatawan akan fasilitas penginapan.
Hotel merupakan salah satu pengguna air di Kota Bandung. Hotel biasa menggunakan air untuk memenuhi kebutuhan para tamu hotel, selain itu digunakan pula untuk menyiram tanaman, mengisi kolam renang, untuk keperluan dapur dan lain- lain.Semua aktifitas di lingkungan hotel dapat mengakibatkan timbulnya limbah, yang apabila langsung dibuang ke lingkungan tanpa proses pengolahan terlebih dahulu dapat mengakibatkan kerusakan pada lingkungan. Oleh sebab itu diperlukan suatu upaya yang dapat mengurangi dampak kerusakan pada lingkungan serta dapat memberikan keuntungan pada pihak hotel. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pengelolaan hotel yang ramah lingkungan.
Pengelolaan hotel yang ramah lingkungan dapat diwujudkan salah satunya dengan cara pembuatan Instalansi Pengolahan Air limbah (IPAL) dan pemanfaatan kembali air limbah yang telah diolah untuk memenuhi kebutuhan air hotel. Teknologi yang dapat digunakan pada Instalansi Pengolahan Air limbah antara lain dengan menggunakan Membran Bioreaktor ,maupun Biofilter anaerobic- aerobic  dan dilanjutkan dengan teknologi peningkatan kualitas air  contohnya dengan menggunakan Reverse Osmosis. Semua teknologi ini telah tersedia dan dapat diterapkan sesuai dengan  kebutuhan kualitas air olahan yang diinginkan.

I.2 Tujuan Perencanaan
Tujuan dari kegiatan ini adalah membuat desain perencanaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan Re-use air di lingkungan perhotelan.

I.3 Ruang Lingkup Perencanaan
Adapun lingkupan dari perencanaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan Re-use air di lingkungan perhotelan ini adalah sebagai berikut:
1.      Gambaran umum mengenai keadaan hotel.
2.      Analisis Karakteristik Limbah.
3.      Analisis jumlah pemakaian air.
4.      Analisis Alternatif Pengolahan
5.      Perhitungan Dimensi Instalansi Pengolahan Air Limbah.
6.      Penyusunan  spesifikasi teknik pekerjaan.
7.      Penyusunan rancangan anggaran biaya.

1.4  Metodologi Perencanaan
Metodologi yang digunakan dalam pelaksanaan perencanaan studi ini antara lain:
1.      Tinjauan studi pustaka yang digunakan untuk mempelajari teori-teori pendukung selama melakukan analisa permasalahan dan pembahasan sehingga dapat menjadi pertimbangan terhadap perencanaan Instalansi pengolahan air limbah yang akan dilakukan.
2.      Pengumpulan data primer dan data sekunder sebagai bahan studi terhadap perencanaan Instalansi pengolahan air limbah agar sesuai dengan .
3.      Penyusunan laporan yang mencakup analisis karakteristik limbah, desain, perhitungan dimensi instalansi pengolahan air limbah, spesifikasi teknis, serta rancangan anggaran biaya.



3 komentar:

  1. Sukses ya bro buat Tugas IPAL nya
    Septic Tank BIO

    BalasHapus
  2. mbak... bisa minta referensi buat daftar pustaka..??

    BalasHapus
  3. Bisa pake buku metcalf eddy , duncan mara sama qasym tp buku nya english text

    BalasHapus